Kelebihan dan Kekurangan WD Blue SSD

WD Blue SSD

WD Blue SSD

Kelebihan dan Kekurangan WD Blue SSD – WD mungkin identik dengan hard drive, namun telah mencoba untuk memposisikan dirinya sebagai perusahaan penyimpanan selama beberapa tahun terakhir – sebuah strategi yang memberikan kelonggaran jauh lebih banyak, terutama dengan SSD dan layanan awan yang menggantikan disk pemintalan tradisional. Namun, bukan hanya satu atau dua pesaing di ruang hard drive, WD sekarang harus menangkis lebih dari selusin perusahaan kelaparan termasuk Samsung, Kingston, Adata, dan Zotac.

WD membeli SanDisk tahun lalu, jadi agak mengejutkan melihat SSD keluar dari merek induk sementara garis SanDisk juga terus hidup. WD telah memutuskan untuk menggunakan label Green, Blue, dan Black yang familiar, mengikuti hirarki yang telah bekerja keras selama bertahun-tahun. Model Green and Blue tersedia sebagai drive SATA 2,5 inci terbungkus standar, serta kartu M.2 yang lebih ramping (masih SATA), sedangkan model Black hanya dijual dalam form factor M.2 dan menggunakan protokol NVMe berkecepatan tinggi untuk Kinerja yang lebih baik

Garis Hijau dan Biru lebih sesuai untuk orang-orang yang membangun PC baru, atau mencari cara murah untuk memberi desktop atau laptop yang lebih tua sebagai masa pakai baru. WD Green adalah untuk pembeli entry level, dan hanya ada model 120GB dan 240GB. WD Blue mewakili kinerja utama, dan Anda memiliki pilihan model 250GB, 500GB, dan 1TB. Kami meninjau 250GB WD Blue SDD yang terbungkus hari ini.

Spesifikasi dan fitur SSD Blue WD

Baik varian standar dan M.2 dari setiap tingkat kapasitas mendapatkan peringkat kinerja yang sama persis. WD mengatakan bahwa kita dapat mengharapkan pembacaan berurutan dan menulis masing-masing 545MBps dan 525MBps untuk model 1TB dan 500GB, dengan model 250GB datang sedikit lebih lambat pada 540Mbps dan 520Mbps. Ketahanan, diukur dalam Terabyte yang ditulis, adalah 400, 200, dan 100 untuk tiga kapasitas yang berbeda. Konsumsi daya saat aktif harus 70mW, dan itu turun menjadi hanya 4.9mW dalam mode SSD DEVSLP ultra-rendah.

WD mengatakan bahwa Blue SSD-nya menggunakan memori flash TLC, namun tidak menentukan proses pembuatannya atau apakah itu planar atau 3D. Anda mendapatkan garansi 3 tahun yang cukup umum, namun beberapa perusahaan termasuk Samsung menawarkan lima tahun. Unit review kami datang dengan tidak ada yang lain di dalam kotak, bahkan shim perekat yang kebanyakan produsen termasuk untuk membantu SSD tebal 7mm sesuai dengan laptop yang dirancang untuk hard drive 9.5mm.

Unit review kami beratnya hanya 37.4g, yang membuatnya terasa seperti kandang yang kebanyakan kosong. Rasanya seperti bodi terbuat dari logam, dan meski tidak tipis, rasanya terasa sangat ringan.

Anda bisa menggunakan alat Dashboard SSD gratis dari WD untuk memantau kesehatan drive Anda. Anda dapat memvisualisasikan penggunaan kapasitas dan partisi, dan juga ada indikator total keausan. Anda dapat memeriksa suhu drive dan kesehatan secara keseluruhan, atau menjalankan tes diagnostik secara manual. Anda bahkan bisa mendaftar email atau alert SMS saat indikator suhu atau kesehatan melewati parameter normal. Ada grafik kinerja real-time yang berguna. Aplikasi ini menawarkan cara mudah untuk mengupdate firmware jika itu perlu, dan dengan aman menghapus semua konten. Ini adalah jumlah fungsi yang mengejutkan. Sayangnya, program ini hanya tersedia untuk Windows.

Kinerja SSD WD Blue
WD mengatakan bahwa jumlah kinerjanya telah tiba dengan menggunakan CrystalDiskMark standar industri, yang juga merupakan apa yang kami gunakan untuk pengujian. Kami benar-benar mendapat nilai yang sedikit lebih tinggi: dibaca berurutan 558.2MBps dan 524.9MBps berurutan menulis. Namun, pengguna jarang membaca atau menulis begitu banyak data bersebelahan dalam satu tembakan.

Ini lebih berguna untuk melihat kecepatan baca dan tulis acak untuk mendapatkan ide tentang penggunaan sehari-hari. Kami mengukur 290MBps dan membaca acak 267.7MBps dan menulis masing-masing dengan CrystalDiskMark menggunakan kedalaman antrian perintah 32. Kami juga mencatat skor 39,7MBps dan 103,3 Mbps masing-masing dengan kedalaman antrian yang ditetapkan ke 1, yang sebenarnya hanya menunjukkan kasus terburuk skenario.

Performa seperti ini lebih dari cukup untuk PC atau laptop mainstream, dan sebanding dengan apa yang kami lihat dari unit Adata SP580 dan Kingston HyperX Fury yang telah kami uji. Jika Anda mengupgrade dari hard drive yang berputar, bedanya akan seperti siang dan malam.

Putusan
Seperti yang terlihat dari kemasan WD, perusahaan sangat ingin Anda memiliki keduanya, SSD yang cepat dan hard drive yang luas – lebih baik yang dijualnya. Meskipun tidak selalu dimungkinkan karena batasan ruang atau anggaran, kami melihat mengapa perusahaan memutuskan untuk masuk ke pasar ini, dan SSD Biru WD merupakan awal yang baik.

Samsung adalah pemimpin pasar SSD sejauh ini, namun WD memiliki niat baik dan keakraban yang hebat dengan pembangun sistem dan juga peminat. Namun, dengan begitu banyak pilihan di pasaran, semuanya bermuara pada harga. MRP resmi untuk SSH Biru 250GB adalah Rs. 9.500 dan seperti kebanyakan komponen, harga jalannya jauh lebih rendah. Kami telah melihat info harga yang berfluktuasi antara Rs. 6.600 dan Rs. 7.800 selama dua minggu terakhir, dan ini adalah pembelian yang bagus di ambang bawah. Perlu diingat bahwa jarak antara MRP dan harga jalan tidak seragam di semua varian kapasitas dan bentuk faktor, sehingga sulit untuk membuat rekomendasi nilai yang sesuai dengan lini produk di luar model spesifik ini.

Harga (MRP): Rs. 9,500 (250GB)

Kelebihan

Penampilan yang bagus
Harga kompetitif

Kekurangan

Fluktuasi harga membuat keputusan pembelian lebih sulit
Bare-bones sales package

Rating (dari 5)

Kinerja: 4
Nilai Uang: 4
Keseluruhan: 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *