Tempat Scuba Diving di Bali Terbaik

Tempat Scuba Diving di Bali Terbaik

Tempat Scuba Diving di Bali Terbaik

Tempat Scuba Diving di Bali Terbaik – Indonesia adalah globalcenter biodiversitas laut menurut para ilmuwan. Bagian timur negara ini, terutama adalah surga bawah laut yang belum berkembang yang menunggu untuk dieksplorasi. Bali sendiri memiliki tempat menyelam, dengan berbagai kondisi. Lokasi selam utama di Bali adalah:

Amed:
Penyelaman dimulai di area datar sekitar 3-8 meter di taman karang yang indah, dengan arus ringan drop off turun hingga 30 meter. Cantik dan memiliki karang lunak dan beragam ikan karang. 2 jam dari Kuta dan 10 menit dengan perahu kecil ke lokasi.

Nusa Dua / Sanur:
Karang lunak dan ikan berwarna-warni bisa terlihat di perairan dalam 3-20 meter. Arus yang lambat membuatnya ideal untuk setiap tingkat penyelam. 15 menit dengan kapal ke situs.

Nusa Penida & Nusa Lembongan:
Menyelam di pulau-pulau ini akan memberi Anda kesempatan bagus untuk bertemu dengan ikan yang lebih besar. Barracuda dan mantas sering terlihat dan kadang-kadang, Mola-mola aneh (Oceanic Sunfish). 2 jam dari Kuta dan 30 menit dari lokasi.

Padangbai / Gili Tapekong:
Drop off ditanam dengan karang keras dan lunak. Banyak nudibranch dan beberapa cacing pipih dapat ditemukan di sini. Blue Lagoon di sisi kiri pelabuhan Padangbai, terumbu turun secara vertikal sampai 20 meter dan berlanjut di daerah berpasir. Gili Tapekong dikenal sebagai Shark’s Point. Campuran karang dan dinding dengan arus yang lembut. Kira-kira 1,5 jam dari Kuta dan 10 menit dengan kapal dari lokasi.

Pulau Menjangan:
Panjangnya 1,5 km dan lebar 500 meter di barat laut Bali. Ini juga bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Dinding karang vertikal sampai 30-60 meter dan kemudian meluncur ke luar. 3,5 jam dari Kuta dan 30 dengan kapal ke situs.

Tulamben:
Situs penyelaman yang paling banyak dikunjungi memiliki kecelakaan sepanjang 395 kaki, USS Liberty yang tertidur di bawah selimut karang setinggi 5-28 meter. Ini adalah selam pantai dan dindingnya mulai dari 1 meter dan turun, hampir vertikal sampai 40 meter. 2,5 jam dari Kuta.

Berbicara dengan instruktur menyelam berpengalaman di Bali, saya belajar beberapa tip yang telah saya sampaikan kepada satu orang. Bali / Lombok memiliki beberapa diving yang layak namun tidak bergetar, seperti beberapa tempat di Kawasan Timur Indonesia. Bagi seseorang yang ingin berkeliling Bali sedikit dan melakukan beberapa diving, inilah rencananya.

Kuta / Seminyak / Sanur / Nusa Dua memiliki banyak operator selam yang mau mengatur perjalanan mengelilingi Bali untuk Anda. Ini adalah cara yang paling mudah digunakan untuk dibawa saat mereka mengurus transportasi, memberikan rekomendasi akomodasi yang bagus, menyediakan peralatan, isi ulang tangki dan keamanan. Anda bisa berkeliling sendiri, jika Anda tidak ingin perjalanan Anda sepenuhnya berorientasi pada menyelam.

Nusa Lembongan & Nusa Penida
Dimulai di bagian selatan Bali, Anda bisa melakukan perjalanan sehari ke Nusa Lembongan atau Nusa Penida. Salah satu tempat wisata menyelam di Nusa Penida, ‘SD’ dikenal dengan karang lunak dan kerasnya yang menakjubkan. Pada hari dimana visibilitasnya bagus, situs ini bisa dibandingkan dengan Komodo atau tempat menyelam terkenal lainnya. Musim hujan cenderung membuat jarak pandang kurang sempurna, meski Bali menikmati visibilitas laut yang baik.

Untuk sampai ke Nusa Penida, Anda bisa naik perahu dari Sanur. Di pagi hari selalu surut, berarti Anda harus mengangkut perlengkapan Anda ke lumpur dan berjalan melewati rumput laut. Bisa jadi pilihan yang baik untuk berkendara ke Padangbai, naik kapal cepat ke Nusa Penida lalu bermalam di Padangbai (akomodasi murah sederhana) atau Candi Dasa (standar akomodasi modern yang lebih baik). Nusa Lembongan dan Nusa Penida mendapatkan arus kuat yang berarti penyelam berpengalaman saja.

Amed & Tulamben
Amed / Tulamben hanya satu jam atau lebih ke Timur, masing-masing tempat menawarkan operator selam dan tempat tinggal. Tulamben sangat bagus karena Anda bisa keluar dari tempat masing-masing dan tinggal di USS Liberty yang cekung.

Pulau Menjangan & Teluk Gilimanuk
Setelah jalan pesisir dan menuju ke barat, Anda akan sampai ke tempat menyelam terbaik di pantai utara, Pulau Menjangan. Ide yang bagus adalah menghabiskan minimal 2 hari di lokasi ini karena perjalanan dari Tulamben berjarak 2-3 jam seperti perjalanan kembali ke Kuta. Saya pernah mendengar bahwa tempat terbaik untuk tinggal adalah Waka Shorea di daratan hanya dari Menjangan. Bagi orang yang menikmati kehidupan laut kecil, Teluk Gilimanuk memiliki beberapa varietas unik yang mungkin menarik.

Jadi bagi pendatang baru ke Bali, dengan perencanaan awal yang sangat sedikit Anda dapat mengakses karang yang menakjubkan dengan arus arus yang mengalir cepat, menyelam dari pantai, penyelaman dinding 40m-60m dan kehidupan laut yang kecil. Tidak buruk bagi sebuah pulau kecil yang juga merupakan salah satu tempat berselancar top dunia.

Orang-orang yang berencana untuk bepergian lebih jauh ke tempat-tempat seperti Manado dan Komodo untuk bergabung dengan kapal tinggal, tidak merencanakan perjalanan Anda ke hari karena pembatalan penerbangan umum terjadi. Bali juga memiliki operasi penyelam Gay & Lesbian yang melayani sebagian besar kelompok berukuran kecil / menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *